Minggu, 14 April 2013

Sejarah dan Pengertian CD-ROM

Sejarah dan Pengertian CD-ROM




Mulai Tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai di perkenalkan dengan di luncurkanya Digital Audio Compact Disc, Sejak saat itu mulai berkembanglah teknologi penyimpanan pada optical disc.

CD-ROM terbuat dari resin (polycarbonate) dan di lapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium, Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif, Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintesitas tinggi, Permukaan yang berlubang ini kemudian di lapisi oleh lapisan bening.

Informasi di baca dengan menggunakan laser berintesitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor pemutar disc, Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian tereflesikan dan di deteksi oleh foto sensor yang kemudian dikonversi menjadi data digital.

Penulisan data pada CD-ROM hanya dapat dilakukan sekali saja, Walaupun demikian optical disc ini memiliki keunggulan dari segi mobilitas. Bentuknya yang kecil dan tipis memudahkannya untuk dibawa, Kapasitas penyimpanannya pun cukup besar yaitu 650 Mbytes, Sehingga media ini biasanya di gunakan untuk menyimpan data-data sekali tulis saja, seperti installer, file lagu mp3, ataupun data statik lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar