Sabtu, 13 April 2013

power supply

Pengertian Power Supply Komputer


Pengertian power supply digunakan untuk perangkat keras yang berperan untuk menyuplai tegangan langsung pada komponen yang ada dalam Komputer, seperti, motherboard, hardisk, dvd drive, kipas dan komponen lainnya. Power supply adalah jantung dari sebuah Komputer, dikarenakan semua sumber daya listrik pada komponen computer disuplai dari power supply.
Power supply sendiri memiliki fungsi sebagai pengubah dari tegangan listrik ac ( alternating current ) jadi tegangan dc ( direct current ), dikarenakan hardware pada komputer cuma bisa beroperasi dengan arus searah dc. Power supply pada biasanya berbentuk kotak yang diletakan di bagian belakang atas casing. besarnya listrik yang dapat dikerjakan power supply ditentukan berdasarkan dayanya dan dihitung dengan satuan watt.
Daya power supply berkisar 150 watt sampai dengan 350 watt. Untuk daya 150 watt telah jarang didapati karena cuma dipakai buat computer yang simpel tanpa banyak komponen tambahan. Namun bila didalam suatu computer yang mempunyai beberapa atau banyak komponen misal : dvd-rom, cd-rw, dan memakai banyak hard disk direkomendasikan memakai power supply 300 watt atau yang lebih besar lagi.
Power supply pada computer memiliki banyak konektor yang terdiri dari konektor 20 pin atx, konektor 24 pin atx, konektor aux, konektor floppy drive dan konektor sata untuk harddisk. Pengertian power supply  berarti membutuhkan perawatan, cara merawat sebuah power supply adalah dengan memperhatikan kelancaran fan atau kipas pada power supply. Sebab kipas pada power supply yang dapat mengurangi panas dari listrik.
Pengertian power supply
Dibawah ini penjelasan mengenai manfaat dari masing-masing konektor untuk melengkapi pengertian power supply :
1. konektor 20 pin atx
konektor ini disambungkan dari power supply ( psu ) ke motherboard, sebagai penyedia daya dari power supply ke motherboard untuk di kemudian alirkan ke komponen-kompnen computer yang lain.
2. konektor 24 pin atx
konektor ini sesungguhnya memiliki fungsi yang sama juga dengan konektor 20 pin, yang membedakan cuma ada tambahan konektor 4 pin. konektor 24 pin atx umumnya dijumpai di komputer-komputer versi baru.
3. konektor floppy
konektor ini memiliki fungsi sebagai penyedia daya dari power supply menuju floppy disk drive.
4. molex connector
konektor ini memiliki fungsi sebagai pemasok dan penyedia catu daya dari pengertian power supply ( psu ) menuju harddisk ataupun cd-rom, ini adalah termasuk konektor type lama.
5. konektor sata
konektor ini adalah konektor yang memiliki fungsi yang sama juga dengan konektor molex, yang membedakannya adalah konektor ini merupakan versi terbaru untuk harddisk dan dvd-rom.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar